Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Dibalik Megahnya The Historich, Gedung Bersejarah DiKota Cimahi, Jawa Barat

Salah satu gedung bersejarah yang ada di Kota Cimahi yaitu gedung The Historich. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 1895 saat masa pemerintahan kolonialisme Belanda, dahulu gedung ini sering dijadikan sebagai tempat hiburan, teater, dansa, pertunjukan film dan sebagainya khususnya bagi para tentara-tentara Belanda yang memiliki pangkat tinggi.

Gedung The Historich

Dari segi arsitektur, gedung ini dibangun bergaya Yunani dan Romawi yang dipengaruhi oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-36 Herman Willem Daendels serta mengadopsi gaya Indische Empire Stijl. Namun dibalik kemegahan gedung ini, menurut riset-riset serta penelitian sampai sekarang masih belum diketahui siapa arsitektur bangunan yang sesungguhnya.

Sebelum bernama The Historich, pada zaman Pemerintahan Hindia Belanda gedung ini dulu bernama Societiet Voor Officieren. Namun setelah gedung ini berpindah tangan kepada TNI AD oleh Ajendam III Siliwangi gedung ini dinamai dengan Balai Prajurit Sudirman atau sering disebut dengan Gedung Sudirman.

Pada tahun 2003 gedung ini sempat disewakan dua kali kepada DPRD Kota Cimahi. Setelah kantor DPRD Kota Cimahi pindah, gedung ini kembali dikelolah oleh Ajendam III Siliwangi. Kemudian pada tahun 2012 gedung ini sempat disewakan kepada salah satu pengusaha dan berganti nama menjadi The Historich hingga sekarang.

Hingga saat ini bangunan cagar budaya yang terletak di Jl. Gatot Subroto No. 19 Kelurahan Baros, Kota Cimahi ini masih dikelolah oleh Ajendam III Siliwangi TNI AD.


Posting Komentar untuk "Sejarah Dibalik Megahnya The Historich, Gedung Bersejarah DiKota Cimahi, Jawa Barat"