Kepulauan Nias memang terkenal dengan keindahan alamnya, ada banyak sekali tempat yang sangat layak untuk dikunjungi jika anda berlibur di Nias. Selain destinasi wisata yang ada di Kota Gunungsitoli, destinasi wisata yang ada di Nias Utara juga tak kalah menarik.

Buat anda yang lagi berlibur di Nias, tak lengkap rasaya bila anda tidak mengunjungi tempat wisata yang ada di Nias khususnya Nias Utara.

Berikut destinasi wisata yang ada di Nias Utara:


  • Pantai Pasir Berbisik

Pantai ini bisa dikatakan salah satu pantai yang unik karena memiliki hamparan pasir yang luas serta pemandangan yang sangat indah. Jika anda menginjak pasirnya pada siang hari maka akan mengeluarkan suara, itu sebabnya dinamakan pantai berisik.

Pantai ini berada di desa Sifahandro, Sawo, Nias Utara

  • Pantai Tureloto
Pantai Tureloto (Foto:akurat.co)

Pantai ini memiliki julukan "laut mati" Indonesia karena memiliki kadar garam yang sangat tinggi sehingga siapapun yang berenang di laut ini akan mengapung.

Pantai ini berada di desa Tureloto kecamatan Lahewa. Untuk menuju ke pantai ini bisa di tempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.

  • Pantai Gawu Soyo
Pantai Gawu Soyo (Foto:phinemo.com)

Pantai ini di namakan dalam bahasa Nias yaitu Gawu Soyo, yang artinya pantai pasir merah. Jika berkunjung ke pantai ini, mata anda akan takjub melihat hamparan pasir merah yang sangat luas.

Selain pasirnya yang merah, di pantai ini juga mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan bukit-bukit yang tersusun di sekitaran bibir pantai.

  • Pantai Toyolawa
Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki hamparan pasir yang kecoklatan, sehingga membuat orang penasaran dan ingin melihatnya secara langsung.

Pantai yang berada di ujung utara pulau Nias ini memiliki laut biru yang sangat jernih serta mempunyai pemandangan yang sangat indah.


  • Pulau Wunga
Pulau Wunga ini berhadapan langsung dengan samudera Hindia yang merupakan perbatasan dengan India. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang sangat jernih seta terumbu karang yang masih terawat, sehingga kebanyakan wisatawan menikmati pulau ini dengan snorkeling.

Di pulau ini hanya terdapat beberapa keluarga saja, sehingga jika mengunjungi pulau ini terasa berada di pulau milik sendiri. 

Untuk menuju pulau ini anda bisa menyewa perahu lokal milik warga yang berada di kecamatan Afulu, perjalanan dari Afulu ke pulau Wunga berjarak 17KM dan memakan waktu sekitar 1,5Jam.