Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Destinasi Wisata Menarik di Gunungsitoli, Sumatera Utara


  • Museum Pusaka Nias
Foto Koleksi Museum Pusaka Nias

Sejarah kota Gunungsitoli secara khusus dan sejarah Pulau Nias secara umum terangkung jelas dimuseum ini. Jadi museum Pusaka Nias bisa dijadikan sebagai referensi wisata edukasi. Selain menyimpan sejarah dan benda-benda pusaka lainnya, museum ini juga menyimpan beberapa tanaman obat tradisional dan berbagai macan hewang yang ada si Pulau Nias.

  • Taman Yaahowu
Foto Taman Yaahowu

Taman ini berada di pinggiran pantai kota Gunungsitoli dan merupakan tempat rekreasi warga setempat, jadi sangat tepat bila dijadikan sebagai tempat bersantai sambil menikmati keindahan laut. Taman ini dibangun diatas puing-puing bangunan yang roboh saat gempa melanda Pulau Nias pada tahun 2005.

Foto Goa Togi Ndrawa

Goa ini berjarak sekitar 3Km dari pusat Kota Gunungsitoli tepatnya di desa Lelewonu Niko`otano. Terdapat 4 goa yang memanjang dari arah selatan ke utara, dan satu goa yang menghadap ketimur dan tenggara. Goa ini memiliki lebar dan tinggi yang berbeda-beda, dinding goa di terdapat banyak stalaktik dan stalagmit.

  • Pantai Miga
Pantai berjarak sekitar 2Km dari pusat kota Gunungsitoli tepatnya di desa Miga. Anda bisa bermain pasir dan menikmati panorama terbitnya matahari.

  • Pantai Laowomaru
Pantai ini memiliki bibir pantai yang panjang dengan gugusan batu-batu yang tersusun indah, didekat pantai ini juga terdapat sebuah goa yang menurut legenda masyarakat setempat goa itu dulunya dihuni oleh seorang laki-laki yang sangat kuat dan perkasa dan berkeinginan menyatukan Pulau Nias dan Pulau Sumatera.

  • Pantai Malaga
Pantai ini terletak di desa Siwalu Banua II, Gunungsitoli Idanoi, sekitar 14 Km kearah selatan dari pusat kota Gunungsitoli. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang cukup luas, selain itu pantai ini juga memiliki fasilitas yang cukup memadai dengan adanya beberapa hotel maupun resort.


  • Taman Doa Bunda Maria
Foto Taman Doa

Bagi anda yang suka dengan wisata religi, tempat ini wajib anda kunjungi. Tempat ini sangat tepat untuk menenangkan diri dan berdoa, Tempat ini sangat sejuk dan asri serta memiliki banyak patung rohani.

  • Air Terjun Baho Ndra
Air terjun yang tingginya sekitar 10 meter dani lebar sekirar 5 meter ini terletak di Gunungsitoli Idanoi. Air terjun ini juga memiliki telaga sedalam 2 meter dan selalu ramai di kunjungi tiap akhir pekan.

  • Muara Indah
Kawasan wisata yang yang terletak di Gunungsitoli Utara sekitar 13 Km kearah Utara kota Gunungsitoli ini menyerupai danau dan memiliki hamparan tanaman bakau sekelilingnya. Tempat ini sangat tepat bila anda berlibur bersama keluarga.

  • Pantai Hoya
Pantai ini bersebelahan dengan Muara Indah, selain pantainya yang sangat indah dan luas terdapat juga pohon-pohon pinus di sekitarnya sehingga suasan pantai ini sangat sejuk. Tempat ini juga sangat tepat untuk acara-acara yang bersifat outdoor.

  • Air Terjun Humogo
Air terjun yang terletak di desa Onowaembo ini memiliki tinggi 8 meter dan lebar 4 meter serta memiliki struktur yang bertingkat-tingkat. Menurut beberapa pengunjung, berendam di air terjun ini serasa menikmati terapi.

  • Pemukiman Rumah Adat Tradisional Nias (Rumah adat Nias wilayah Tengah)
Rumah Adat Nias, Museum Pusaka Nias

Jejeran rumah adat tradisional Nias ini terletak di desa Tumori, Gunungsitoli Barat. Rumah adat tradisonal ini menawarkan begitu banyak ornamen-ornamen yang mengandung arti, selain itu menurut penelitian rumah adat tradisional Nias juga merupakan bangunan tahan gempa.

  • Air Terjun Mbahogamira
Air terjun ini terletak di Gunungsitoli Alo`oa dengan memiliki tinggi sekitar 50 meter dan dibawahnya ada juga beberapa tingkatan air terjun yang relatif lebih kecil dengn ketinggian sekitar 5 meter.

  • Air Terjun Ndraso Moawo Onowaembo
Air terjun yang memiliki 3 tinggkatan ini memiliki tinggi yang berfariasi, tingkatan pertama dari bawah memiliki tinggi sekitar 3 meter, tingkatan kedua memiliki tinggi sekitar 5 meter, sedangkan tingkatan ketiga memiliki tinggi sekitar 4 meter. Air terjun ini terletak di desa Onowaembo, Gunungsitoli. Sekitar 6Km dari pusat kota Gunungsitoli.

  • Situs Peninggalan Batu Megalitik
Situs batu megalitik ini terletak di desa Onowaembo, Gunungsitoli Idanoai. Situs batu yang masih terjaga ini merupakan bukti bahwa kota Gunungsitoli pernah berada di jaman batu.

1 komentar untuk "15 Destinasi Wisata Menarik di Gunungsitoli, Sumatera Utara"